Skip to main content

Daftar 5 Keluarga Terkaya yang Menguasai Dunia

Pada tahun 2016, tercatat ada 10 orang terkaya di dunia yang diambil dari versi majalah Forbes yaitu Bill Gates, Amancio Ortega, Warren Buffett, Carlos Slim Helu, Jeff Bezos, Mark Zuckerberg, Larry Ellison, Michael Bloomberg, Charles Koch dan David Koch.

Namun, boleh percaya atau tidak, ke 10 daftar orang terkaya di dunia di atas masih belum bisa menyamai kekayaan beberapa keluarga terkaya di dunia ini. Beberapa keluarga berikut ini justru berhasil mengumpulkan kekayaan hingga membuat mereka secara diam-diam mampu menguasai dunia.

Ingin tahu nama-nama dari keluarga tersebut? Berikut 5 daftar keluarga terkaya yang menguasai dunia.

#1. Rothschild Family

 
Keluarga Rothschild dikenal sebagai keluarga terkaya di dunia dengan nilai kekayaan bersih mulai dari 500 milyar dollar dalam bentuk aset pribadi dan 100 trilyun dollar dalam bentuk aset finansial. Kekayaan dinasti Rothschild didapat dari bisnis perbankan dunia yang dibangun dan dikelola bersama secara turun-temurun. Keluarga Rothschild telah menjadi pusat keuangan global sejak tahun 1760-an ketika Mayer Amschel Rothschild menempatkan kelima anaknya di 5 pusat keuangan dunia. Dari generasi ke generasi keturunan Rothschild diyakini oleh publik sebagai keluarga paling kaya sepanjang sejarah kehidupan manusia.

#2. Rockefeller Family

 
Keluarga Rockefeller dikenal sebagai penguasa minyak dunia. Hampir seluruh ladang minyak di dunia dikuasai oleh keluarga ini. Kekayaan dinasti keluarga Rockefeller dimulai pada tahun 1870 ketika John D. Rockefeller mendirikan perusahaan minyak Standard Oil Company. Karena perusahaan ini akhirnya membuat ia menjadi seorang pria tunggal terkaya dalam sejarah, dengan total kekayaan bersih mencapai 400 milyar dollar. Namun anehnya keluarga Rockefeller tidak pernah tercatat sebagai orang terkaya di dunia.

#3. Du Pont Family

 
Eleuthere Irenee du Pont de Nemours mendirikan sebuah dinasti keluarga Du Pont pada tahun 1802. Saat itu ia membuat sebuah pabrik bubuk mesiu di Delaware, Amerika Serikat. Keluarga Du Pont terlibat dalam beberapa urusan sejarah Amerika, seperti menggunakan koneksi belakang dengan Napoleon untuk melakukan negosiasi pembelian Louisiana pada tahun 1803. Pada masa perang dunia pertama, perusahaan Du Pont menyuplai 40 persen bahan peledak dunia. Kemudian pada masa perang dunia kedua, keluarga Du Pont memproduksi plutonium untuk bom atom Amerika. Orang-orang percaya jika dukungan keluarga Du Pont dalam perang Amerika membuat mereka bisa mendikte pelarangan pertanian ganja dan penggunaan marijuana untuk melindungi bisnis nylon mereka.

#4. Morgan Family

 
Keluarga Morgan mulai bangkit saat John Pierpont Morgan dan Rothschilds memberikan emas kepada kas negara Amerika Serikat pada masa Panic tahun 1893. Karena memiliki kontrol atas suplai emas Amerika, keluarga Morgan membiayai pembuatan perusahaan terbesar Amerika seperti GE, AT&T dan juga US Steel. Bantuan kepada kas negara ini akhirnya berujung pada sebuah tuduhan bahwa keluarga Morgan memaksa Amerika untuk ikut dalam perang dunia pertama demi menjaga pinjaman yang diberikan pada Russia dan Perancis. J.P. Morgan Jr. menyediakan pinjaman perang sebanyak 500 juta dollar dan menarik komisi 1 persen untuk suplai yang disediakan oleh perusahannya. Rumor yang beredar juga menyebutkan bahwa keluarga Morgan ikut andil dalam mendukung Jepang agar menyerang Pearl Harbor dengan berkonspirasi untuk membagi keuntungan perang kepada klan Iwasaki yang merupakan pemilik Mitsubishi dan Mitsui. Saat ini, keluarga Morgan memiliki brankas emas pribadi terbesar yang kabarnya terhubung oleh sebuah terowongan ke New York Federal Reserve Bank.

#5. Bush Family


 
Dinasti politik keluarga Bush dimulai oleh Prescott Sheldon Bush yang lahir pada tahun 1895 dan kemudian berkuliah di Universitas Yale sebagai anggota Skull and Bones Society. Lalu pada tahun 1933, kabarnya Bush memimpin usaha kudeta untuk melawan dan menggulingkan kekuasaan Presiden Franklin D. Roosevelt untuk menjalankan paham fasis diktator di Amerika dengan didanai oleh keluarga Du Pont, Rockefeller dan juga Morgan. Tetapi ternyata usaha itu gagal, kemudian muncul sebuah rencana bisnis yang dibentuk dan Prescott Sheldon Bush menjadi direktur Union Bank. Bank tersebut diduga menyembunyikan emas Nazi pada masa perang dunia kedua. Anak dan cucu Prescott, George Herbert Walker Bush dan George Walker Bush akhirnya menjadi presiden Amerika Serikat. Keduanya pula yang memulai perang dengan negara Irak. Perang tersebut lalu menguntungkan perusahaan yang berhubungan dengan keluarga Bush seperti Halliburton dan KBR. Kini, keluarga Bush dianggap sebagai keluarga terkuat dalam politik Amerika Serikat dengan kekayaan besar dalam bidang perbankan dan minyak, serta memiliki anggota keluarga lain yaitu Jeb Bush yang menjadi salah satu kandidat presiden Amerika selanjutnya.

Comments