Skip to main content

5 Keajaiban Alam Teraneh



Bumi menyimpan berbagai hal yang aneh dan menarik. Banyak sekali keajaiban alam aneh yang tersebar di berbagai pelosok dunia. Keanehan ini murni terbentuk disebabkan oleh faktor alam yang pernah terjadi. Berikut 5 keajaiban alam aneh yang bisa ditemukan di dunia.

#1. Vaadhoo Island - Maldives



Pulau ini dikenal dengan keindahan pantainya pada malam hari. Keindahan pantai di pulau Vaadhoo ini memiliki disebut dengan julukan 'sea of stars' karena pantainya yang terlihat menyala pada malam hari. Menurut penelitian dari Harvard University, fenomena lautan yang menyala ini ternyata berasal dari spesies phytoplankton bernama dinoflagellates. Organisme ini memiliki sel khusus yang dapat memancarkan sinar ketika malam hari.

#2. Darvaza Gas Crater - Turkmenistan

 
Kawah gas alami ini dikenal dengan nama 'Door to Hell' atau pintu neraka. Kawah yang terletak di Gurun Karakum, Turkmenistan ini disebut sebagai pintu neraka karena selalu mengeluarkan api yang tidak pernah padam selama 45 tahun terakhir. Kawah ini ditemukan pada tahun 1971 ketika para insinyur Rusia mengebor daerah tersebut untuk mencari minyak bumi. Pada saat itu, para insinyur tidak sengaja membuat sumber gas alami mengalami longsor dan mengeluarkan gas dari kawah tersebut. Untuk menghindari menyebarnya gas beracun, para insinyur ini memutuskan untuk membakar gas tersebut. Akan tetapi, ternyata api dari hasil pembakaran tersebut tidak padam hingga saat ini dan menghasilkan fenomena Door to Hell yang sudah tersebar hingga saat ini.

#3. Blood Falls - Antartika


Blood Falls atau air terjun darah ini terletak di daerah Dry Valleys, Antartika. Disebut dengan nama ini karena terdapat sebuah air terjun yang berwarna merah diantara lembah kering di Dry Valleys. Setelah diteliti, ternyata ditemukan bahwa air terjun merah ini disebabkan karena adanya bakteri yang menyebabkan air garam bercampur dengan zat besi dari bebatuan sehingga menghasilkan reaksi karat pada batuan tersebut. Kadar garam yang tinggi dan besi yang bercampur ini menyebabkan warna karat yang khas dan terlihat seperti warna merah darah pada air terjun tersebut.

#4. Hillier Lake - Australia


 
Danau ini terletak di sebuah pulau di daerah barat Australia. Lake Hillier atau Danau Hillier ini memiliki keanehan dari warna air danau yang berwarna merah muda. Penelitian terhadap fenomena danau merah muda ini terus dilakukan karena warna merah muda pada danau memang berasal dari airnya bukan dari daratan yang ada dalam dasar danau. Dikutip dari Daily Mail, ternyata warna merah muda pada danau ini disebabkan oleh pengaruh kadar garam yang tinggi dan organisme yang hidup di danau tersebut. Spesies makhluk hidup Dunaliella salina ini menjadi penyebab utama terjadinya warna merah muda pada air danau Hillier. Jenis spesies alga ini memproduksi pigmen berwarna merah muda yang bernama carotenoid yang menyebabkan warna air dan tubuh makhluk tersebut menjadi berwara merah muda. Selain itu, beberapa spesies makhluk hidup berwarna merah muda lain juga menjadi penyebab dari fenomena warna Danau Hillier.

#5. Great Blue Hole - Belize

 
Great Blue Hole merupakan sebuah sinkhole terbesar yang ada di dunia. Sinkhole sendiri merupakan sebuah lubang besar yang terjadi karena adanya pengikisan tanah karena air sehingga terjadi longsor ke dalam tanah. Great Blue Hole terletak di negara Belize, Amerik Tengah. Fenomena ini dianggap sebuah hal yang aneh karena lubang ini membentuk sebuah lingkaran sempurna di laut Belize. Tempat ini banyak digunakan menarik rasa penasaran para penyelam karena airnya yang jernih dan spesies ikan laut yang beragam hidup di dalam lubang tersebut.

Comments